Sabtu, 29 November 2014

- ENERGI TERBARUKAN - (cerita)

Sebagai negara agraris, perindustrian sawit di Indonesia telah berkembang sangat pesat. Pada awal Tahun 1968 luas areal perkebunan Kelapa Sawit mencapai 105.669 Ha. Menurut Ditjenbun (2013) pada Desember 1992 luas arealnya berkembang menjadi 467.469 Ha dengan produksi CPO sebanyak 3.276.000 ton, dan pada Tahun 2013 sasaran pengembangan Kelapa Sawit pada Tahun 2013 diperkirakan mencapai 9,15 juta Ha dengan produksi 24,43 juta ton. Selain menguntungkan, hasil industri kelapa sawit menghasilkan produk berupa limbah yang belum diproses secara maksimal. Limbah yang dihasilkan oleh industri sawit ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu limbah cair dan limbah padat yang terdiri dari serabut sawit, cangkang kelapa sawit, batang kelapa sawit, daun kelapa sawit, dan tandan kosong kelapa sawit. Sekarang ini pemanfaatan limbah padat yang belum maksimal. Melihat kondisi perkembangan jumlah areal perkebunan sawit, tidak hanya berdampak pada perkembangan jumlah produksi, tetapi akan berdampak juga pada peningkatan jumlah limbah yang dihasilkan. Tandan kosong kelapa sawit merupakan limbah yang diperoleh setelah tandan buah segar dimasak pada tabung yang bertekanan untuk mendapatkan minyak dalam sebuah proses yang disebut sterilisasi, pada umumnya setelah melalui proses tersebut tandan kosong dibiarkan begitu saja.
Dalam industri kelapa sawit pada umumnya pengolahan kelapa sawit hanya mengolah untuk memperoleh minyak yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Sedangkan ampasnya digunakan sebagai pupuk kompos, pembakaran pada boiler, dan tandan kosong kelapa sawitnya hanya dibiarkan menumpuk. Tandan kosong kelapa sawit memiliki  kandungan zat lignin dan selulosa yang banyak sehingga mempunyai material yang keras dan proses dekomposisi yang terjadi dalam waktu yang lama. Pemanfaatan limbah industri kelapa sawit ini diharapkan bisa dilakukan secara maksimal terutama menjadi sumber energi alternatif. Hal tersebut dapat diolah menjadi bahan baku komposisi biogas. Dengan memanfaatkan rumen sapi sebagai limbah peternakan, yang dalam rumen sapi tersebut terdapat berbagai macam jenis bakteri yang mampu untuk mempercepat proses pembentukan biogas.
Selain permasalahan limbah, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk bahan bakar fosilnya bahkan dimata dunia Indonesia dikenal sebagai negara pengimpor minyak mentah, namun kondisi sebaliknya yang terjadi di Indonesia adalah terjadinya krisis bahan bakar. Indonesia memproduksi 345 juta barel, mengimpor minyak mentah sebesar 124 juta barel pada Tahun 2010 dan mengkonsumsi 423 barel. Terdapat devisit sebesar 97 barel per tahun. Cadangan minyak Indonesia sebesar 3,7 milyar barel atau setara dengan 0,3% cadangan minyak dunia, (ESDM, 201).
Hal itu sangat berbanding terbalik dari apa yang selama ini diketahuai bahwa Indonesia menjadi pengimpor minyak dunia, namun bukan penikmat hasil sumber daya alam secara penuh termasuk bahan bakar minyak itu sendiri. Jika hanya mengandalkan ketersediaan bahan bakar fosil yang ada, maka 50 tahun kedepan Indonesia akan menjadi negara yang miskin energi.
Itu sebagian isi dari Latar Belakang penelitian tugas akhir saya untuk mendapat gelar ST. Pada tanggal 23-07-2014 lalu, alhamdulillah saya berhasil mempertahankan apa yang menjadi hasil dari penelitian saya dihadapan 3 Dosen Penguji (2 dosbing). kurang lebih 2 jam di dalam ruangan dan pada akhirnya bisa keluar dan sujud syukur. Pada penelitian yang saya lakukan ini, 100% menggunakan limbah yang tidak terpakai, yaitu Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS), dan Limbah Rumen Sapi (Cair). 

Limbah Rumen

 Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit (udah dicacah).

        Emeng perjuangan banget untuk tugas akhir biogas ini. Dari proses awal sampai akhir itu cuman Anak Demo House yang tau :D. Suka dukanya tar aja dehh ceritanya :D.  Gak ngerti demo house kan makanya sesekali datang main ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, disana ada lab khusus untuk penelitian tentang energi terbarukan. Jadi yang peduli sama Negara ayoo mari membuat sesuatu yang bisa berguna untuk negara dan bangsa, apa lagi sekarang BBM udah naik. Jadi mahasiswa itu wajib untuk kritis, walaupun di jurusan saya gak ada yang namanya Mata Kuliah "Wajib Kritis" :D. Tapi sebagai mahasiswa yang mencoba untuk kritis, maka saya angkat bicara untuk masalah BBM yang sedang melambung naik tanpa memikirkan nasib anak kost (Curhat). "Saya setuju dengan teman-teman mahasiswa yang turun ke jalan untuk memprotes kenaikan BBM, saya sangat setuju. Dan untuk mahasiswa yang kritis lainnya ayo sama" berfikir bagaimana cara untuk tidak bergantung dengan BBM di masa depan. Udah tau kan kabar tentang persediaan BBM kita sendiri .???, mungkin cukup buat kita , tapi buat anak cucu kita bagaimana (Insyaallah) .???." , :D . Sebagai planing kedepan biogas ini akan saya presentasikan untuk pemerintah kota Tarakan, karena setelah saya fikir-fikir ada banyak manfaat yang bisa dihasilkan (Rencana sih) hahhahaaaaaaa. Kayanya udah terlalu panjang basa-basinya nie hahaaaaaaaaaaa.


Nah ini penampakan Demo Housenya Gannn


Diresmikan langsung oleh ... (Baca aja sendiri entar dibilang ria lagi)

           Nah selanjutnya dari limbah" tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti persiapan Rangkaian Biodigesternya, alat, bahan , serta kebutuhan lain yang akan mendukung penelitian ini. Pada rangkaian biodigester ada beberapa macam alat pada rang kaian ini seperti, Manometer U, Digester, Termostat, Pompa, Bak penampung digester. 


Ini nih Rangkaian Biodigesternya, Tapi Digesternya sih belum ada yakkk :D

       Setelah rangkaian Biodigester selesai maka ada beberapa hal yang di perhatikan disini antara lain porsi penggunaan bahan, entah dari airnya, limbah TKKSnya ataupun rumennya. Untuk penelitian ini sendiri ada 4 perbandingan yang saya gunakan dengan bahan yang sama dan porsi yang berbeda. Tapi sebelummya ijinkan saya memperkenalkan para master Mix Design jebolan Demo House .

Dari kiri Ke kanan:(Yayan, Husen, Budi, Baginda),
 Ceritanya tuh lagi bahas mix design Biogas.

     Saya mulai dari Bang Yayan, bang Yayan itu jurusan TS dari tim Beton Geopolimer. Bang Husain, beliau jurusan TS juga Dari tim Beton juga, Bang Budi juga Jurusan TS, Dari tim Paving, mereka bertiga ini senior saya walaupun beda jurusan, tapi sudah seperti saudara sendiri. Nah sekarang yang terakhir adalah Baginda. Baginda .??. siapa ?? gak ada orang .?. Maestro dibalik 3 abang ini bahkan bisa dijulukin Sherlock Holmes atau aktor dibalik layar, mungkin cuman bisa ngomong gitu aja gak boleh sebut mereeeekkk , tar banyak yang cari digoogle, hahaaaa. 


Kebiasaan lama ra'ono udud, ra'iso mikir.


Nah ini idenya udah ketemu kyanya.



            Nah sekarang sesi hitung-hitungan porsi penggunaan bahan

     Nah ceritanya foto diatas ini kan lagi diskusi masalah mix designnya, sekarang persiapan bahannya, singkat aja ya langsung kesesi foto, kalau ada yang mau ditanyakan bisa coment aja, Ok.


Limbah hasil cacahan dimasukkan kedalam wadah kemudaian ditimbang, sesuai kebutuhan berdasarkan Mix design yang kita punya.


Sama dengan limbah Tkks, Air juga seperti itu.



Noh penampakan bahan yang udah di timbang kemudian di packing :D,
(kaya mau berangkat aja)

        Proses selanjutnya yaitu searching bakteri anaerobik, ngerti ?? ya sudah cari dulu diopah google apa itu bakteri anaerobik. Langsung saja menuju ke RPH (Rumah Pemotongan Hewan) untuk memperoleh rumen yang segar, sebagai sumber bakteri untuk merombak kandungan kimia yang terdapat pada bahan baku limbah yang saya gunakan. Sekin (Sekedar info) untuk pengambilan Rumen untuk region Jogja biasanya jam 23.00-03.00 Subuh. kebayangkan betapa sulitnya perjuangan seseorang yang skrip, Inilah tugas akhir yang paling Lakiii banget :D hahahaaa. Ok lanjut ke TKP aja. 

Laki banget brooo berjuang demi Anisah.
Tuh jari tengah spesial banget buat yang suka gangguin Anisah aneee pas ane lagi sibuk berjuang, Ente sibuk mau nikung cinta aneee.


Noh bener-bener laki kan, liat aja itu tumpukan Berkah dari yang maha kuasa untuk kelancaran TA saya.

   Nah pada proses pengambilan rumen ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu, penggunaan safety seperti kaos tangan karet, masker, kalau perlu yang anak mami anak mami yang biasanya injak lumpur nangis, mending sewa baju astronot aja yakk, soalnya baunya itu tahan lama, ngalahin parfum pinggir jalan, baunya tahan hingga berminggu-minggu. Selanjutnya setelah apa yang dilakukan seperti gambar diatas, kita kembali ke Demo House. Proses selanjutnya yaitu mengukur berat yang kita butuhkan pada tiap variasi campuran. kemudian melakukan pencampuran 3 bahan utama yang digunakan kemudian dimasukkan kedalam digester.


Mengukur berat rumen yang akan kita gunakan.


Memasukkan Limbah TKKS dan air kedalam wadah pencampuran


Memasukkan Ramuan ajaib dari RPH tadi (Rumen Cair).


Sebelum diaduk mari berdoa dulu


Aduk sampai bahan tercampur rata. 
Biar asik bayangin aja yang enak-enak sambil ngaduknya, insyaallah berkah.:D

    Setelah proses pencampuran, maka selanjutnya adalah proses pemasukan kedalam digester. Sekedar info (Sekin), Pada penelitian ini semua proses diatas mulai dari penimbangan bahan sampai pengadaan rumennya dilakukan pada hari yang sama. Untuk pencampuran dan kemudian pemasukan bahan baku biogas kedalam digester juga dilakukan dihari yang sama pada pukul 5 subuh, Mungkin ada yang bertanya kenapa setelah dicampur langsung dimasukkan kedalam digester, gk nunggu ??? Nah hal tersebut dimaksudkan untuk mempertahankan kesegaran bakteri yang terkandung didalam rumen tadi. untuk lebih tepatnya kalau dah tau bakteri anaerobik itu apa, pasti entar ngerti juga Ok. 


Nah ini proses pemasukan kedalam digesternya.


Nah ini Digester yang udah terisi bahan baku untuk menghasilkan biogaas.


NEXTTT dlu yaa ke hasil.


video




video














  




Minggu, 02 Maret 2014

--- Jurus Ampuh "Diam Lebih Baik"---

wanita !!! , cantik, biasa-biasa aja, stengah-stengah, semok, tinggi, langsing itu sebagian persepsi yang keluar dari fisik yang namanya wanita. Banyak yang bilang mata lelaki itu berbeda namun hal itu salah, yang berbeda itu adalah pesan yang disampaikan mata ke otak.

Kadang pesan yang disampaikan dari mata keotak itu udah benar, tetapi apa yang keluar dari mulut itu beda. Seperti halnya wanita, kadang ingin berbicara jujur tapi sulit untuk hal satu itu. for example ya, yang simple aja, bisa kalian para wanita bandingin dengan yang real kalian alami ...
perempuan : entar malam makan diluar yuk ?
laki" : iya, tapi makannya dimana ?
perempuan : terserah aja.
laki" : ok (biasanya icon meluk/cium)
Percakapan seperti diatas ini kelihatan sederhana, tapi bisa memicu yang namanya "ngambek" bagi para wanita Dari kata "terserah aja" seharusnya wanita harus pahami, bahwa didunia ini gak ada pilihan terserah, kecuali itu pilihan tuhan. ketika laki-laki bertanya "dimana?",  berarrti ada tempat dan ada tujuan. Tapi dikonteks ini kadang berbeda, wanita selalu mengharap ketika dia mengajak, si laki-laki harus selalu punya ide. Tapi sayang tidak semua laki-laki itu seleranya sama dengan selera pasangannya kecuali itu terpaksa dan kebetulan.
            Ketika diperjalanan biasanya pertanyaan laki-laki tadi itu pasti akan kembali dilontarkan kewanita "kita makan dimana?", "kamu mau makan dimana?" yahh kurang lebih seperti itulah pertanyaannya, dan pertanyaan itu akan berulang-ulang ditanyakan sampai akhirnya wajah pasangannya (wanita) merengut disepanjang perjalanan seperti kena korosi (karat), dan akhirnya diam. Ok sedikit penjelasan, laki-laki emeng harusnya tau teori, ketika seorang laki-laki lebih cerewet dari pasangannya, kadang membuat wanita itu ilfil. Tetapi yang wanita harus lebih tau lagi, ketika laki-laki sealalu mempertanyakan hal yang sama berarti laki-laki itu emeng gak ngerti dan dia pengen tau, mksdnya itu "apakah ada tempat yang baru?". Tapi yang ada ketika laki-laki bertanya "makannya dimana?" 3 dari 4 wanita berfikiran bahwa laki-laki itu lupa sama tempat pavoritnya, dan ada beberapa persepsi lain lagi, dengan alasan yang sama  "udah berapa lama sih jadian". Dan parahnya ketika seorang laki-laki menyebut tempat yang bukan tempat yang sebelumnya sering didatangin bareng pasangannya, pasti pemikiran wanita itu selalu macam-macam, "pernah makan sama siapa tuh ?","punya tempat baru ya?", Kenapa wanita tidak pernah berfikir seperti ini "mungkin mau mencari suasana baru"!!! atau yang lebih positif lainnya. Kenapa harus curiga melulu.?? Kadang-kadang wanita nyindir-nyindir seperti itu sambil senyum, nyengir, ketawa. Tapi sebagai seorang laki-laki harus peka dan lebih paham ketika mereka (wanita) ngomong seperti itu, itu artinya mereka lagi gak enak hati, itulah teknik "mematikan" mereka, mereka tidak pernah mau bicara jujur, dan akhirnya akan diam dalam waktu yang mungkin agak lama, tanpa mikir kalau sikap seperti itu menyiksa seorang lelaki. Kenapa menyiksa,?? , karena ketika wanita itu dihubungin (BBM, SMS, TELPON) semua diabaikan, tapi ketika laki-laki ikut diam difikiran seorang wanita itu sedikit agak gila, dan parahnya gak pernah sadar kalau mereka yang memulai. Mereka berfikir kalau laki-laki (pasangannya) lagi PDKT sama cewe lain dan banyak lagi. Emeng ketika wanita itu diam apa dia mikirin yang difikirin pasangannya. jawabannya GAK BAKAL PERNAH alias MASA BODOH.
Yahh sekedar saran buat para cowok", jangan pernah tanya alasan kenapa mereka diam, karena ada 1 alasan yang gak pernah masuk akal dan itu selalu diulang-ulang "DIAM LEBIH BAIK", itu alasannya. Jika kita berfikir real, emeng masalah bisa selesai ketika cuman diam aja.??? Skripsi kalau didiamin emeng bisa selesai ???? Reall too ...  Dijawab sendiri yahhhh .
Itu cuman contoh kecil, diluar sana masih banyak masalah lain yang sering ngerepotin. Dan ketika anda berkata "Diam Lebih Baik", itu sebenarnya  kata-kata pembodohan, terlalu banyak ngutip dari foto-foto editan, dari film-film yang meracuni fikiran anda.    


How About you ?????

Rabu, 30 Januari 2013

Juventus vs Celtic


Satu-satunya wakil dari Skotlandia, Celtic akan menantang juara grup E, Juventus di babak 16 besar Liga Champions. Tim asuhan Neil Lennon itu tampaknya harus berjuang keras untuk dapat memetik kemenangan atas tim raksasa dari Italia Juventus.
Pertandingan Celtic kontra Juventus nanti merupakan pertemuan kelima sepanjang kedua tim bertemu di kancah Eropa. Pertemuan terakhir keduanya ketika Juventus mengalahkan Celtic di Delle Alpi 3-2. Lalu Celtic membalasnya dengan skor 4-3 di Celtic Park pada penyisihan grup 2001/2002.
“Juventus penuh dengan bintang kelas dunia, telah bermain dengan hebat selama 18 bulan, dan sekarang memiliki mentalitas kemenangan besar. Akan tetapi begitu juga kami,“ ujar Neil Lennon yang dikutip di DailyStar, Jumat (21/12/2012).
“Anda tak akan pernah tahu, bagaimana kebugaran fisik dan bentuk permainan anda dalam satu bulan atau dua bulan mendatang. Kami hanya berharap kami mendapatkan waktu yang tepat untuk dua pertandingan mendatang, “ sambung Neil Lennon.
“Dalam hal kemegahan ini merupakan partai yang besar untuk babak kualifikasi dan akan terasa sulit namun bisa saja bagi tim lainnya juga sulit,“ katanya.
Sementara itu, pelatih Neil Lennon menuturkan bahwa timnya kini sedang dalam performa terbaiknya dan sudah bersemangat untuk menghadapi Juventus pada Selasa, 12 Februari 2013. Leg kedua dilakukan di Juventus Stadium, Rabu 6 Maret 2013 di Liga Champions.
“Pendukung kami, sudah sangat bersemangat sejak kepimpinan Jock Stein (mantan pelatih Celtic), tim ini sekarang sudah mencapai peningkatan yang cukup tinggi,“ pungkas Neil Lennon.
Sebelum, menghadapi pertandingan melawan Juventus, pasukan Neil Lennon itu sudah ditunggu di partai selanjutnya yakni menghadapi Ross Country Sabtu 22 Desember 2012).

sumber
http://www.harianolahraga.com/sepak-bola/celtic-tidak-gentar-hadapi-juventus.html

Rabu, 05 Desember 2012

BIOMASSA

Sedikit mengulas tentang biomassa .
Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintesis, baik berupa produk maupun buangan. -->

Berasal dari makhluk hidup

-       Tanaman
-       Hewan
-       Limbah pertanian
-       Limbah peternakan
-       Sampah

Jenis :

padat
-       Kayu bakar
-       Arang kayu
-       Serbuk gergaji
-       Jerami
-       Briket
cair
-       Bioethanol   ( jagung, singkong , sawit , jarak , tebu )
-       Biodiesel
gas
-       Biogas
-       Grafikasi biomassa

Keuntungan
-       Pemanfaatan limbah
-       Ketersediaan di pedesaan
-       Murah
-       Sederhana
Kerugian
-       Proses pembakaran (polusi)
-       Mengganggu ketersedian pangan
-       Siklusnya relatif lama
-       Penyimpanan membutuhkan tempat
Pemakaina langsung
-       Kayu bakar
-       Ampas tebu
Pemakaian melalui proses
-       Bioethanol
-       Biodiesel
-       Arang
Pemakaian tidak langsung
-       Biodiesel                     
-       Biogas                          generator - listrik
-       Kayu bakar
-       Ampas tebu 



Sabtu, 27 Oktober 2012

EVERLONG

Everlong membuat 1 program baru,,yaitu SABLON GRATIS LOGO EVERLONG ( khusus jogja ) 

caranya : 

1.siapkan kaos polos mu 

2.kumpulkan kaos polos di kedai cutting ( Kedai digital cutting 8
Jl kav. Madukismo no.10 seturan jogja
(Belakang upn concat persis)
0274 8292828 )

3.pengumpulan kaos polos dimulai hari ini sampai hari sabtu tanggal 27okt jam 08:00 - 20:00

4.pengambilan kaos bisa ambil tanggal 29 - 30okt di kedai cutting (jam kerja )

5.Sablon gratis ini hanya untuk bulan ini dan nanti diwaktu yg tak terduga

6. info lebih lengkap hub 0274 8292828 ( jam kerja )

7.desain sablon gratis ini berbeda dengan desain merchandise everlong yg kita jual !!
8.Desain merch yg dijual limited edition dan 1 model hanya akan dirilis dalam waktu 1 bulan saja





SUMBER : 
http://helmyprastowobudi.blogspot.com/2012/10/sablon-gratis-logo-everlong.html

TIPE-TIPE MAHASISSWA

Tipe Kupu-Kupu (Kuliah Pulang - Kuliah Pulang)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe Kupu-kupuTipe Mahasiswa yang pertama adalah Tipe Kupu-Kupu, atau bisa disebut dengan Kuliah Pulang - Kuliah Pulang. Tak jarang kan kita melihat sebagian besar teman kita sendiri atau bahkan orang lain bertipe seperti ini.
Setiap hari biasanya kerjaannya hanya Kuliah dan Pulang, sepertinya tidak ada acara lain selain dua hal tersebut. Nah menyikapi hal tersebut, mungkin kurang tepat bagi aku pribadi ya atau bahkan bagi para sobat blogger sekalian.
Mengapa aku sampai berkata seperti itu? ya karena dengan Kuliah Pulang-Kuliah Pulang ini, maka ilmu kita tidak akan bertambah. Padahal apabila kita pergunakan waktu di kampus dengan sebaik mungkin, maka hal itu akan berdampak positif bagi kita dan bahkan orang lain.
Tipe Mahasiswa Kupu-Kupu ini biasanya adalah tipe mahasiswa pendiam dan biasanya juga tipe mahasiswa seperti ini tidak memiliki teman yang banyak di kampus.
Kekurangan lain dari Tipe Mahasiswa Kupu-kupu adalah tidak akan seterkenal dengan Mahasiswa yang aktif dan selalu ada aja kegiatan di Kampus untuk mengisi waktu luangnya. Misalnya saja seperti tipe Mahasiswa Tikus dan Kelabang.

Tipe Capung (Cari Pinjaman Utang)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe CapungTipe Mahasiswa selanjutnya adalah Tipe Mahasiswa Capung (Cari Pinjaman Utang), nah biasanya tipe mahasiswa seperti ini adalah tipe mahasiswa yang sering menghambur-hamburkan duit tanpa adanya kejelasan dan keperluan yang memang benar-benar dibutuhkan.
Tipe Capung biasanya terjangkit pada mahasiswa yang lagi membutuhkan duit untuk membeli sesuatu, atau karena tidak memiliki duit untuk makan dan jajan sehari-hari. Terkadang apabila duit di dompet sudah tidak ada, biasanya nyari pinjaman utang ke temen atau orang lain.
Sungguh sangat malang nasib mahasiswa bertipe Capung ini, sebenarnya tidak ada salahnya kan apabila bertipe seperti ini. Namun, sebaiknya usaha sendiri terlebih dahulu sebelum meminjam, pergunakan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya agar tidak menjadi mahasiswa yang bertipe ini.

Tipe Kumbang (Kemanapun Bimbang)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe KumbangTipe Mahasiswa yang selanjutnya adalah Tipe Kumbang (Kemanapun Bimbang), tipe ini biasanya melekat kepada mahasiswa yang apabila pergi kemanapun resah, gelisah, dan akhirnya gak jadi pergi. Meskipun pergi, pergipun gak tenang karena mungkin ada desakan atau halangan yang membuat bimbang.
Tipe Kumbang ini tidak selalu terjadi, namun biasanya hal ini terjadi kepada mahasiswa yang memiliki suatu permasalahan yang membuat hati ini tidak tenang/bimbang untuk bepergian kemanapun.
Misalnya saja disaat ingin menghadiri suatu acara, namun orang tua tidak mengijinkan. Maka yang terjadi adalah keraguan, kegelisahan, dan kebimbangan yang akan melanda disetiap perjalanan maupun ditempat acara.

Tipe Kelabang (Keliaran Bangga)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe KelabangTipe Mahasiswa selanjutnya adalah Tipe Kelabang (Keliaran Bangga), hal ini bisa kita temui bahwasanya ada berbagai macam mahasiswa yang kerjaannya keliaran setiap saat. Perlu diketahui, keliaran tuh beda dengan Mbolang (Bocah Petualang) ya…
Untuk yang bertipe ini, biasanya kegiatannya tuh hanya berkeliaran yang gak jelas dan kurang bermanfaat gitu. Mungkin dari kata “Keliaran” sendiri para sobat blogger bisa mengartikannya sendiri, karena apabila aku yang mengartikannya, nanti ditakutkan salah persepsi.
Namun pada intinya, tipe mahasiswa Kelabang ini biasanya mereka sangat bangga dengan kegiatan yang kurang bermanfaat tersebut. Keliaran gak kemana-mana gak jelas arah dan tujuannya, namun tetap kelihatan bangga dengan apa yang dilakukannya.

Tipe Lalat (Selalu Telat)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe LalatNah untuk Tipe Mahasiswa yang satu ini yakni Tipe Lalat (Selalu Telat), biasanya tak jarang ditemui dan bahkan sering. Biasanya tipe mahasiswa Lalat selalu ada alasan ketika ditanya oleh dosen yang sedang mengajar, kadang macet lah, kadang antri kamar mandi lah, kadang sakit perut lah, dan kadang ban motor bocor lah.
Pokoknya untuk tipe mahasiswa yang satu ini selalu ada aja alasan untuk menghindar dari kesalahannya tersebut. Biasanya kebanyakan mahasiswa yang telat masuk kuliah, ternyata karena susah bangun atau bisa disebut bangunnya kesiangan.
Nah dari ketelatan tersebutlah bisa membuat lebih terkenal atau bahkan tercemar, ya kalo menurut saranku lah mending jangan menjadi tipe mahasiswa Lalat, karena kebanyakan dosen tidak suka dengan mahasiswa yang suka telat masuk ke kelas.

Tipe Nyamuk (Nyari Muka)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe NyamukTipe Mahasiswa selanjutnya adalah Tipe Nyamuk (Nyari Muka), biasanya tipe mahasiswa seperti ini tak jarang kita temui dan bahkan bisa jadi teman kita sendiri di kelas. Tipe mahasiswa seperti ini kerjaannya hanya mencari muka dari dosen atau teman yang lainnya. Dan terkadang teman seangkatannya kurang suka dengan tingkah lakunya.
Ada banyak hal yang biasanya dilakukannya ketika ingin mencari muka dari dosen atau teman-temannya, misalnya saja dari dosennya. Biasanya pada saat ujian atau tugas, teman yang lainnya tidak diberitahu dan ngumpulin terlebih dahulu. Selain itu dia bahkan sok tau didepan dosen.
Nyari muka sech nyari muka, asalkan sewajarnya sajalah agar tidak mengganggu teman-temannya.

Tipe Laba-Laba (Lempar Batu Lapis Baja)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe Laba-labaTipe Mahasiswa berikutnya adalah Tipe Laba-laba (Lembar Batu Lapis Baja), nah tipe mahasiswa yang dimaksudkan aku disini adalah tipe mahasiswa yang sering berdemo. Bener kan dengan kata Lempar Bati Lapis Baja? pastinya benar, gimana pada saat demonstrasi kan biasanya memang mahasiswa melempar-lempar batu kepada para petugas yang berlapis baja.
Ada beberapa jenis mahasiswa yang memiliki sifat sebagai kunci menuju “Perubahan”, nah perubahan disini bisa sobat blogger artikan sendiri sesuai dengan versi para sobat blogger sendiri. Namun pada intinya, ada Mahasiswa yang dibayar untuk melakukan demonstrasi dan ada juga yang memang benar-benar menginginkan perubahan tanpa adanya bayaran.

Tipe Tikus (Aktivis di Kampus)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe TikusTipe Mahasiswa yang satu ini yakni Tipe Tikus (Aktivis di Kampus) merupakan sumber dari tipe mahasiswa yang sebelumnya yakni Tipe Laba-laba, mengapa bisa sampai dikatakan seperti itu?
Ya sobat blogger bisa mengartikannya sendiri, karena dari katanya aja Aktivis atau pejuang kampus/pejuang nasib Mahasiswa, jadi secara otomatis biasanya mahasiswa bertipe ini akan menjadi tipe Laba-laba.
Terkadang tipe mahasiswa yang satu ini biasanya mendapatkan perhatian yang lebih dari pihak kampus, nah yang ini juga para sobat blogger saja yang mengartikannya sendiri dengan apa yang dimaksud “Perhatian yang Lebih”. Karena setiap pendapat, pastinya akan berbeda-beda.

Tipe Belalang (Berpergian Selalu Bolang)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe BelalangTipe Mahasiswa yang terakhir adalah Tipe Belalang (Bepergian Selalu Bolang), nah tipe yang satu ini mungkin memang aku banget ya. Karena aku sangat suka dengan yang namanya bepergian dengan sedikit atau minim dana.
Tipe Belalang ini terkadang tidak mengenal jarak, waktu, atau apapun itu. Karena bepergian kemanapun ya selalu bolang atau sering dikatakan Blonek (Blogger Nekat), kemanapun dan kapanpun asalkan suka pasti akan meluncur.
Seperti itulah beberapa tipe Mahasiswa yang dapat aku infokan kepada sobat blogger di seluruh Nusantara. Aku tidak semata-mata membuat artikel ini tanpat pengalaman sebelumnya, akan tetapi aku menulis artikel ini dikarenakan ada pengalaman dari tahun 2008 sampai 2012 sekarang ini menjadi seorang Mahasiswa.
Jadi setidaknyalah aku sedikit banyak pengalaman didalam Beberapa Tipe Mahasiswa yang aku tuliskan ini. Selain pengalaman pribadi, artikel ini aku tulis karena berdasarkan dari pengalaman teman-teman sekitar juga.
Sepertinya aku tidak ada kerjaan lagi ya selain mengamati teman-teman mahasiswa? hehehe, ya mungkin hal ini memang tidak aku niatkan pertama kali. Akan tetapi hal ini nantinya akan menjadi info yang menarik dan kayaknya wajib untuk diketahui bagi para Mahasiswa sendiri, atau calon mahasiswa, ataupun para dosen.
Ditunggu saja ya tulisanku yang lain, entah itu berkaitan dari pengalaman pribadi ataupun dari pengalaman orang-orang disekitarku yang wajib para sobat blogger ketahui.

sumber : http://slametux.blogdetik.com/2012/05/24/beberapa-tipe-mahasiswa/

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management