Sabtu, 27 Oktober 2012

TIPE-TIPE MAHASISSWA

Tipe Kupu-Kupu (Kuliah Pulang - Kuliah Pulang)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe Kupu-kupuTipe Mahasiswa yang pertama adalah Tipe Kupu-Kupu, atau bisa disebut dengan Kuliah Pulang - Kuliah Pulang. Tak jarang kan kita melihat sebagian besar teman kita sendiri atau bahkan orang lain bertipe seperti ini.
Setiap hari biasanya kerjaannya hanya Kuliah dan Pulang, sepertinya tidak ada acara lain selain dua hal tersebut. Nah menyikapi hal tersebut, mungkin kurang tepat bagi aku pribadi ya atau bahkan bagi para sobat blogger sekalian.
Mengapa aku sampai berkata seperti itu? ya karena dengan Kuliah Pulang-Kuliah Pulang ini, maka ilmu kita tidak akan bertambah. Padahal apabila kita pergunakan waktu di kampus dengan sebaik mungkin, maka hal itu akan berdampak positif bagi kita dan bahkan orang lain.
Tipe Mahasiswa Kupu-Kupu ini biasanya adalah tipe mahasiswa pendiam dan biasanya juga tipe mahasiswa seperti ini tidak memiliki teman yang banyak di kampus.
Kekurangan lain dari Tipe Mahasiswa Kupu-kupu adalah tidak akan seterkenal dengan Mahasiswa yang aktif dan selalu ada aja kegiatan di Kampus untuk mengisi waktu luangnya. Misalnya saja seperti tipe Mahasiswa Tikus dan Kelabang.

Tipe Capung (Cari Pinjaman Utang)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe CapungTipe Mahasiswa selanjutnya adalah Tipe Mahasiswa Capung (Cari Pinjaman Utang), nah biasanya tipe mahasiswa seperti ini adalah tipe mahasiswa yang sering menghambur-hamburkan duit tanpa adanya kejelasan dan keperluan yang memang benar-benar dibutuhkan.
Tipe Capung biasanya terjangkit pada mahasiswa yang lagi membutuhkan duit untuk membeli sesuatu, atau karena tidak memiliki duit untuk makan dan jajan sehari-hari. Terkadang apabila duit di dompet sudah tidak ada, biasanya nyari pinjaman utang ke temen atau orang lain.
Sungguh sangat malang nasib mahasiswa bertipe Capung ini, sebenarnya tidak ada salahnya kan apabila bertipe seperti ini. Namun, sebaiknya usaha sendiri terlebih dahulu sebelum meminjam, pergunakan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya agar tidak menjadi mahasiswa yang bertipe ini.

Tipe Kumbang (Kemanapun Bimbang)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe KumbangTipe Mahasiswa yang selanjutnya adalah Tipe Kumbang (Kemanapun Bimbang), tipe ini biasanya melekat kepada mahasiswa yang apabila pergi kemanapun resah, gelisah, dan akhirnya gak jadi pergi. Meskipun pergi, pergipun gak tenang karena mungkin ada desakan atau halangan yang membuat bimbang.
Tipe Kumbang ini tidak selalu terjadi, namun biasanya hal ini terjadi kepada mahasiswa yang memiliki suatu permasalahan yang membuat hati ini tidak tenang/bimbang untuk bepergian kemanapun.
Misalnya saja disaat ingin menghadiri suatu acara, namun orang tua tidak mengijinkan. Maka yang terjadi adalah keraguan, kegelisahan, dan kebimbangan yang akan melanda disetiap perjalanan maupun ditempat acara.

Tipe Kelabang (Keliaran Bangga)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe KelabangTipe Mahasiswa selanjutnya adalah Tipe Kelabang (Keliaran Bangga), hal ini bisa kita temui bahwasanya ada berbagai macam mahasiswa yang kerjaannya keliaran setiap saat. Perlu diketahui, keliaran tuh beda dengan Mbolang (Bocah Petualang) ya…
Untuk yang bertipe ini, biasanya kegiatannya tuh hanya berkeliaran yang gak jelas dan kurang bermanfaat gitu. Mungkin dari kata “Keliaran” sendiri para sobat blogger bisa mengartikannya sendiri, karena apabila aku yang mengartikannya, nanti ditakutkan salah persepsi.
Namun pada intinya, tipe mahasiswa Kelabang ini biasanya mereka sangat bangga dengan kegiatan yang kurang bermanfaat tersebut. Keliaran gak kemana-mana gak jelas arah dan tujuannya, namun tetap kelihatan bangga dengan apa yang dilakukannya.

Tipe Lalat (Selalu Telat)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe LalatNah untuk Tipe Mahasiswa yang satu ini yakni Tipe Lalat (Selalu Telat), biasanya tak jarang ditemui dan bahkan sering. Biasanya tipe mahasiswa Lalat selalu ada alasan ketika ditanya oleh dosen yang sedang mengajar, kadang macet lah, kadang antri kamar mandi lah, kadang sakit perut lah, dan kadang ban motor bocor lah.
Pokoknya untuk tipe mahasiswa yang satu ini selalu ada aja alasan untuk menghindar dari kesalahannya tersebut. Biasanya kebanyakan mahasiswa yang telat masuk kuliah, ternyata karena susah bangun atau bisa disebut bangunnya kesiangan.
Nah dari ketelatan tersebutlah bisa membuat lebih terkenal atau bahkan tercemar, ya kalo menurut saranku lah mending jangan menjadi tipe mahasiswa Lalat, karena kebanyakan dosen tidak suka dengan mahasiswa yang suka telat masuk ke kelas.

Tipe Nyamuk (Nyari Muka)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe NyamukTipe Mahasiswa selanjutnya adalah Tipe Nyamuk (Nyari Muka), biasanya tipe mahasiswa seperti ini tak jarang kita temui dan bahkan bisa jadi teman kita sendiri di kelas. Tipe mahasiswa seperti ini kerjaannya hanya mencari muka dari dosen atau teman yang lainnya. Dan terkadang teman seangkatannya kurang suka dengan tingkah lakunya.
Ada banyak hal yang biasanya dilakukannya ketika ingin mencari muka dari dosen atau teman-temannya, misalnya saja dari dosennya. Biasanya pada saat ujian atau tugas, teman yang lainnya tidak diberitahu dan ngumpulin terlebih dahulu. Selain itu dia bahkan sok tau didepan dosen.
Nyari muka sech nyari muka, asalkan sewajarnya sajalah agar tidak mengganggu teman-temannya.

Tipe Laba-Laba (Lempar Batu Lapis Baja)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe Laba-labaTipe Mahasiswa berikutnya adalah Tipe Laba-laba (Lembar Batu Lapis Baja), nah tipe mahasiswa yang dimaksudkan aku disini adalah tipe mahasiswa yang sering berdemo. Bener kan dengan kata Lempar Bati Lapis Baja? pastinya benar, gimana pada saat demonstrasi kan biasanya memang mahasiswa melempar-lempar batu kepada para petugas yang berlapis baja.
Ada beberapa jenis mahasiswa yang memiliki sifat sebagai kunci menuju “Perubahan”, nah perubahan disini bisa sobat blogger artikan sendiri sesuai dengan versi para sobat blogger sendiri. Namun pada intinya, ada Mahasiswa yang dibayar untuk melakukan demonstrasi dan ada juga yang memang benar-benar menginginkan perubahan tanpa adanya bayaran.

Tipe Tikus (Aktivis di Kampus)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe TikusTipe Mahasiswa yang satu ini yakni Tipe Tikus (Aktivis di Kampus) merupakan sumber dari tipe mahasiswa yang sebelumnya yakni Tipe Laba-laba, mengapa bisa sampai dikatakan seperti itu?
Ya sobat blogger bisa mengartikannya sendiri, karena dari katanya aja Aktivis atau pejuang kampus/pejuang nasib Mahasiswa, jadi secara otomatis biasanya mahasiswa bertipe ini akan menjadi tipe Laba-laba.
Terkadang tipe mahasiswa yang satu ini biasanya mendapatkan perhatian yang lebih dari pihak kampus, nah yang ini juga para sobat blogger saja yang mengartikannya sendiri dengan apa yang dimaksud “Perhatian yang Lebih”. Karena setiap pendapat, pastinya akan berbeda-beda.

Tipe Belalang (Berpergian Selalu Bolang)

Beberapa Tipe Mahasiswa - SlameTux - Tipe BelalangTipe Mahasiswa yang terakhir adalah Tipe Belalang (Bepergian Selalu Bolang), nah tipe yang satu ini mungkin memang aku banget ya. Karena aku sangat suka dengan yang namanya bepergian dengan sedikit atau minim dana.
Tipe Belalang ini terkadang tidak mengenal jarak, waktu, atau apapun itu. Karena bepergian kemanapun ya selalu bolang atau sering dikatakan Blonek (Blogger Nekat), kemanapun dan kapanpun asalkan suka pasti akan meluncur.
Seperti itulah beberapa tipe Mahasiswa yang dapat aku infokan kepada sobat blogger di seluruh Nusantara. Aku tidak semata-mata membuat artikel ini tanpat pengalaman sebelumnya, akan tetapi aku menulis artikel ini dikarenakan ada pengalaman dari tahun 2008 sampai 2012 sekarang ini menjadi seorang Mahasiswa.
Jadi setidaknyalah aku sedikit banyak pengalaman didalam Beberapa Tipe Mahasiswa yang aku tuliskan ini. Selain pengalaman pribadi, artikel ini aku tulis karena berdasarkan dari pengalaman teman-teman sekitar juga.
Sepertinya aku tidak ada kerjaan lagi ya selain mengamati teman-teman mahasiswa? hehehe, ya mungkin hal ini memang tidak aku niatkan pertama kali. Akan tetapi hal ini nantinya akan menjadi info yang menarik dan kayaknya wajib untuk diketahui bagi para Mahasiswa sendiri, atau calon mahasiswa, ataupun para dosen.
Ditunggu saja ya tulisanku yang lain, entah itu berkaitan dari pengalaman pribadi ataupun dari pengalaman orang-orang disekitarku yang wajib para sobat blogger ketahui.

sumber : http://slametux.blogdetik.com/2012/05/24/beberapa-tipe-mahasiswa/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management